Dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronij

Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diit pada pasien diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RSUD dr. Kandou Manado. Diperoleh tanggal 5 november dari http: Asdi Mahasatya.

Seseorang yang memilki pengetahuan baik akan mudah untuk mengaplikasikan pengetahuannya menjadi perilaku yang positif dan memungkinkan pasien dapat mengontrol dirinya dalam mengatasi masalah yang dihadapi, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, berpengalaman, dan mempunyai perkiraan yang tepat bagaimana mengatasi kejadian serta mudah mengerti tentang apa yang dianjurkan oleh petugas kesehatan, akan dapat mengurangi kecemasan sehingga dapat membantu individu tersebut dalam membuat keputusan Notoatmodjo, Penuntun diet terbaru.

Nurchayati, S. Clevo, M. Diperoleh tanggal 23 desember dari http: Promosi kesehatan teori dan perilaku. Asuhan keperawatan gangguan sistem perkemihan. Skripsi tidak dipublikasikan.

Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Pada Pasien GGK

Nomor 1. Aloei Saboe Kota Gorontalo [Skripsi]. Konseling gizi. Adherence long-term therapies. Diperoleh pada tanggal 25 Juni dari http: The method used is analytic with cross sectional apporoach. Riset kesehatan dasar. Diperoleh tanggal 25 Juni dari http: Asuhan keperawatan medikal bedah dan penyakit dalam.

Knowledge, family support, attitude, and behavior affect dietary compliance of the hemodialysis patients.

Universitas Negeri Gorontalo; Pada dasarnya setiap penyakit dapat menyerang manusia baik laki-laki maupun perempuan, tetapi ada beberapa penyakit terdapat perbedaan frekuensi antara laki-laki dan perempuan. Keywords attitude; behavior; diet compliance; family support; hemodialysis patients; knowledge Full Text: Metodologi penelitian kesehatan.

Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Prof. Potter dan Perry menyatakan bahwa kepatuhan sebagai ketaatan pasien dalam melaksanakan tindakan terapi. Gambaran kepatuhan diet dan dukungan keluarga pada penderita gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa rawat jalan di RSU Haji Medan Tahun [Skripsi].

Semakin lama pasien menjalani hemodialisa maka akan banyak pengetahuan yang diperoleh dan bisa bersikap positif terhadap kepatuhan dietnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dukungan sosial tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku kepatuhan.

Niven menyatakan bahwa dukungan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan. Salemba Medika. Richard CJ. J Ren Nutr ;14 1: Dietary compliance is a management to maintain kidney function continuously with low-protein low-salt principle that patients should take the time required to undergo treatment.

Rineka Cipta. Medika Respati Suplemen ; Gangguan gastrointestinal: Available from: Sagung Sento. Proses dan kegiatan pendidikan pada dasarnya melibatkan masalah perilaku individu maupun kelompok, seperti individu yang berpendidikan sarjana, perilakunya akan berbeda dengan yang berpendidikan sekolah menengah pertama SMP.

Rina, D. Friedman, M. Notoatmodjo, S.Tabel 6 Tabulasi Silang Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Berdasarkan Kuisioner dan Asupan Natrium Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang.

Pratiwi Y, Endang N. Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diit pada pasien diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RSUD dr.

Soediran Mangun Author: Fery Lusviana Widiany. keluarga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis. Tujuan: Diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA

Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Pada Pasien Diabetes Tipe II Di Puskesmas Sempaja, Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional untuk melihat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet diabetes pada pasien diabetes tipe II di Puskesmas Sempaja Samarinda.

Hasil uji statistik dengan menggunakan chi square Yates correction. Sedangkan tentang dukungan keluarga diperoleh nilai p value (0, > α 0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. SARAN Bagi responden khususnya pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa lebih meningkatkan pengetahuan tentang diet dan mengaplikasikan pengetahuan.

Pasien yang mengalami gagal ginjal kronik pada bulan Mei hingga September berjumlah 80 orang. maka peneliti tertarik untuk meneliti hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik di Irina C2 dan C4 RSUP Prof.2%.Prof.

Dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronij
Rated 5/5 based on 67 review