Bagan metabolisme lemak dalam tubuh

Sintesis skualen Isopentenil pirofosfat Isopentenyl pyrophosphate, IPP dan 3,3-dimetilalil pirofosfat dimethylallyl pyrophosphate, DPP berkondensasi membentuk geranil pirofosfat 10C. VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis penyumbatan oleh lemak.

Proses selanjutnya dapat diterangkan dengan tahap-tahap berikut: Adiposit merupakan sel yang menyusun jaringan adiposa dan jaringan penghantar areolar. Untuk memasuki mitokondria, asam-asam lemak pertama-tama harus diubah menjadi suatu bentuk asil-KoA oleh aksi tiokinase dan ATP dalam mikrosom atau pada permukaan mitokondria.

Sumber karbohidrat yang utama dalam bahan makanan adalah serealia dan umbi-umbian. Peristiwa pemecahan lemak menjadi asetil CoA dikenal dengan nama E-oksidasi. Reaksi biokimiawinya berlangsung melalui suatu siklus yang disebut siklus Calvin Benson.

Seperti terdapatnya kandungan pati yang berbeda-beda pada beberapa golongan serealia. Asetil KoA yang dihasilkan tersebutlah yang menjadi salah satu sumber bahan untuk sintesis asam lemak ini.

Kemudian, diangkut oleh pembuluh getah bening usus menuju pembuluh getah bening dada kiri. Enzim yang mengkatalisis dalam tahap ini adalah dehidrogenase gliseraldehida fosfat.

Selain adiposit, jaringan adiposa mengandung banyak sel-sel lain yang mampu memproduksi hormon tertentu dalam merespon sinyal dari sisa organ di seluruh tubuh. Disamping kandungan asam amino esensialfaktor lain yang menentukan mutu protein adalah nilai cerna.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Jenis-jenis karbohidrat sangat beragam. Contoh katabolisme adalah respirasi sel, yaitu proses penguraian bahan makanan yang bertujuan menghasilkan energi. Proses pembentukan ini membutuhkan vitamin biotin.

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

Untuk lebih jelasnya perhatikan skema fotosintesis, yang menunjukkan keterkaitan antara reaksi terang dan reaksi gelap di bawah ini: Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian, dan buahbuahan yang rasanya manis.

Triasilgliserol merupakan ester dari gliserol dan asam lemak.

Pengertian dan Fungsi Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein Enzim

Tiga asam lemak yang ditemukan di triasilgliserol bukanlah asam lemak yang sama. Hal ini bisa terjadi pada penderita atau bukan penderita diabetes.Lemak tubuh dalam jaringan lemak (jaringan adipose) mempunyai fungsi sebagai insulator untuk membantu tubuh mempertahankan temperaturnya, sedangkan pada wanita dapat memberikan kontur khas feminim seperti jaringan lemak di bagian bokong dan dada.

Bab 2 Metabolisme (XII)

· bagan hubungan antara metabolisme karbohidrat lemak dan protein makanan yang bisa menghancurkan lemak dalam tubuh pengaruh Author: cara menurunkan berat badan. Metabolisme Lemak.

Proses metabolisme di dalam tubuh baik yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi untuk menghasilkan energi tubuh untuk bergerak dan memenuhi kebutuhan energi di dalam sel.

karena itu semua proses metabolisme tersebut, asetil Ko A memiliki peranan yang sangat besar dalam menghasilkan energi. Lemak nabati misalnya terdapat dalam buah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak tumbuhan, sedangkan lemak hewani terdapat dalam daging, telur, susu hewan, ikan, serta berbagai olahannya.

Bagan Fungsi Makanan dan Zat Gizi Bagi Tubuh-makalah ratna

Baik lemak nabati maupun lemak hewani, meskipun struktur dan susunannya sedikit berbeda, namun di dalam tubuh keduanya dicerna dengan proses yang sama. Pada bagan terlihat karbohidrat, protein, dan lemak bertemu pada jalur siklus Krebs dengan masukan asetil koenzim A.

Tahukah Anda bahwa Asetil Ko-A sebagai bahan baku dalam siklus Krebs untuk menghasilkan energi yang berasal dari katabolisme karbohidrat, protein, maupun lemak.

Titik temu dari berbagai jalur metabolisme ini berguna untuk saling menggantikan “bahan bakar” di dalam sel, Hasil. Tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan yang sedikit itu diabaikan, akan mengakibatkan terganggunya metabolisme di dalam tubuh kita karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Metabolisme Lemak

Kondisi kekurang vitamin disebut avitaminosis.

Bagan metabolisme lemak dalam tubuh
Rated 5/5 based on 5 review